Ribuan Guru Honorer di Majalengka Terima SK Pengangkatan P3K


DEJABAR.ID, MAJALENGKA – Kepala BKPSDM Majalengka, H. Irfan Nur Alam mengatakan, bahwa tahapan seleksi dan pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Guru Tahap III Formasi Tahun 2022, berdasarkan penetapan kebutuhan pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka (Pemkab Majalengka), Jawa Barat tahun 2022.

“Seleksi P3K Guru Tahap III dilakukan dengan metode penempatan prioritas dan metode ke komputer partisi dengan jumlah peserta sebanyak 1.167 orang dan yang dinyatakan lulus sebanyak 1.075 orang,” ujar Irfan Nur Alam, Kamis (6/7/2023).

Namun dari 1.075 orang tersebut, kata dia, terdapat empat orang yang tidak memenuhi syarat sehingga yang ditetapkan dan mendapatkan Nomor Induk P3K sebanyak 1.067 orang calon P3K guru tahap 3, serta ditambah satu orang dari Tahap II Formasi Tahun 2021.

Dari rekapitulasi hasil proses seleksi ini, terdapat 12 formasi jabatan yang tersedia. Di antaranya, guru agama Islam dengan jumlah 375 orang, guru bahasa Indonesia 20 orang, guru bahasa Inggris 38 orang, dan guru bimbingan konseling sebanyak 2 orang.

Selain itu, terdapat juga guru-guru IPA 26 orang, IPS 11 orang, guru kelas 416 orang, matematika 35 orang, Penjaskes 127 orang, PPKN 7 orang, prakarya dan kewirausahaan 8 orang, serta guru seni budaya 1 orang.

Penerimaan P3K Guru Tahap III Formasi Tahun 2022 ini juga turut memberikan kontribusi besar dalam pengembangan pendidikan di Majalengka.

Total 852 guru akan mengisi posisi di sekolah-sekolah dasar, sekolah tingkat sekolah menengah pertama, dan di tingkat taman kanak-kanak. Maka dengan jumlah tersebut, kebutuhan tenaga pengajar di berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Majalengka diharapkan dapat terpenuhi dengan baik.

“Dari sekian P3K yang terdapat pada Tahap III ini untuk mengisi jenjang sekolah guru SD sebanyak 852 orang, SMP 212 orang dan TK sebanyak 4 orang,” sebutnya.

Kepala BKPSDM Majalengka pun menyampaikan ucapan selamat kepada para guru yang akan memulai tugas dan tanggung jawab dalam mencerdaskan generasi penerus Majalengka.

“Selamat dan semoga kehadiran para tenaga pengajar yang baru diangkat jadi P3K Guru Tahap III Formasi Tahun 2022  ini dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan dan membawa Majalengka menuju masa depan yang lebih baik,” tuturnya.

Sementara itu, prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sekaligus penyerahan petikan SK kepada ribuan P3K Guru Tahap III Formasi Tahun 2022 dilakukan langsung oleh Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi. (*)