Press ESC to close

Ridwan Kamil Resmikan Kolecer dan Candil di Kota Bogor

  • December 15, 2018

DEJABAR.ID, BOGOR-Ridwan Kamil (RK) secara resmi meluncurkan program street library atau perpustakaan jalanan. Program Pemprov Jabar ini disebut-sebut sebagai satu dari sekian banyak program untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat Jawa Barat.

Ridwan Kamil atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kang Emil menyebut street library yang berbentuk kotak semacam lemari buku ini diberi nama Kolecer, yakni singkatan dari Kotak Literasi Cerdas dan Candil, Maca Dina Digital Library.

“Dari sekian banyak program, ada satu namanya street library atau perpustakaan jalanan, yang kita cari nama lokalnya “kolecer”. Kita luncurkan hari ini di Bogor karena di Bogor sudah bayak mengupayakan gerakan untuk meningkatkan literasi,” kata RK usai melounching Kolecer di Lapangan Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (15/12/2018).

RK menyebut, Kolecer merupakan investasi jangka panjang untuk menciptakan generasi yang gemar membaca, lebih cerdas dan pintar. Sehingga, kata RK, generasi selanjutnya memiliki benteng yang kuat dan tidak terbodohi oleh serangan revolusi digital.

Program ini, lanjut Kang Emil, akan ditularkan ke 27 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat. Kolecer dan Candil akan ditempatkan di lokasi-lokasi keramaian, tempat komersial. “Masyarakat akan menjadi gemar membaca. Sehingga kita melahirkan generasi yang tidak mudah dibodohi, menjadi generasi yang lebih cerdas, lebih pintar,” tambahnya.

“Hari ini baru satu Kolecer ya, di Kota Bogor. Bantuan ini bentuknya dicicil. Ke depan akan menjadi ratusan, lalu menjadi ribuan. Ini juga berkat kepedulian banyak pihak,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *