Rindu Musim Hujan, Ini Prakiraan Awal Musim Hujan di Majalengka


dejabar.id, Majalengka – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatiwangi, Majalengka, memprediksi awal musim hujan di Kabupaten Majalengka, baru akan terjadi di akhir November 2019.

“Akhir November diprediksi Kabupaten Majalengka, mulai awal musim hujan,” ungkap BMKG dalam keterangan tertulis yang diterima dejabar.id, Selasa (20/8/2019).

BMKG menjelaskan, prakiraan perbandingan awal musim hujan tahun 2019-2020 mundur, 1-3 dasarian (10-30 hari) dibanding normalnya.

Untuk zona musim 81 bawah normal. Diantaranya meliputi Kecamatan Kertajati, Jatitujuh, Ligung, Dawuan, Sumberjaya, Palasah Utara, Leuwimunding Utara, Jatiwangi Utara, Kasokandel Utara dan Kadipaten Utara, dengan awal musim hujan November dasarian III, tanggal 21 hingga akhir bulan.

Sedangkan, untuk zona 91 bawah normal. Diantaranya Kecamatan Kadipaten Selatan, Kasokandel Selatan, Jatiwangi Selatan, Palsah bagian Selatan, Leuwimunding Selatan, Panyingkiran, Cigasong, Sukahaji, Rajagaluh, Sindang, Sindangwangi, Majalengka, Maja Utara dan Argapura, dengan awal musim hujan november dasarian III tanggal 21 sampai dengan akhir bulan.

Selanjutnya, untuk awal musim hujan november dasarian III tanggal 21 hingga akhir bulan, untuk wilayah Kecamatan Maja Selatan, Bantarujeg, Banjaran, Talaga, Cikijing, Lemahsugih, Malausma dan Cingambul, masuk dalam zona musim 90.

Dalam menyambut musim hujan pada tahun 2019-2020 ini, BMKB menghimbau masyarakat selalu menjaga kesehatan dan masing-masing menjaga sekitar lingkungan rumah. Seerti, saluran air dan pembuangan sampah.

Selain itu, periksa atap rumah dari kebocoran, sediakan jas hujan atau payung. Sementara bagi yang ingin bercocok tanam, sesuaikan rencana pola tanamnya. (jja)