Press ESC to close

Sekilas Perjalanan Bermusik Iwan Fals

  • November 26, 2018

DEJABAR.ID – Seorang artis atau penyanyi yang sukses tidak terlepas dari perjalanan hidupnya di masa lalu. Salah satunya Iwan Fals yang sejak kecil sudah berkenalan dengan musik.
Pria bernama lengkap Virgiawan Listanto atau yang lebih dikenal dengan nama Iwan Fals lahir di Jakarta pada 3 September 1961.
Iwan Fals kecil bersekolah di Jeddah hingga akhirnya harus kembali ke Indonesia.
Hobi betmusik Iwan Fals sudah mulai tumbuh sejak kecil dan ia sudah mulai mengamen sejak duduk di bangku SMP dengan lirik-lirikk jenaka. Lantas dari situlah kejenakaan liriknya terbawa dalam karya lagu-lagunya hingga sekarang.
Dari penggung kecil ia menempa keahlian dalam bermusiknya. Bersama sang teman bernama Engkus saling berbagi infotmasi seputar acara-acar seperti hajatan-hajatan.
Kemudian, Iwan Fals mulai dilirik dan ditawari rekaman oleh Bambang Bule. Bambang Bule datang dari Jakarta ke Bandung setelah mendengar Iwan Fals menyanyi di Radio 8 EH milik Institut Teknologi Bandung (ITB).
Iwan Fals memang sering diajak oleh mahasiswa ITB bila akan berorasi, saat itu Iwan Fals masih duduk di SMAK BPK Bandung.
Setelah berhasil bertemu Iwan Fals, Bambang Bule mengajaknya untuk rekaman di Istana Music Records.
Untuk mendapat modal rekaman, Iwan Fals harus menjual sepeda motornya.
Iwan Fals bergabung dengan grup Amburadul yang beranggotakan Toto Gunarto, Helmi, dan Bambang Bule.
Hasil rekaman Amburadul dijual dalam bentuk kaset namun, tidak mendapat sambutan hangat di pasaran..
Lalu ia pun menjajal panggung festival-gestival. Ia berhasil meraih juara di festival musik country. Iwan Fals juga mengikuti festival lagu humor yang digelar oleh Lembaga Humor Indonesia.
Hasil karya lagu-lagu humor ciptaan Iwan Fals kemudian direkam oleh Arwah Setiawan, lalu diproduseri oleh Handoko, yang bernaung dalam ABC Records. (yga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *