Siswa SLBN Cicendo Ikuti Pelatihan Angklung Berbasis Multimedia


0

dejabar.id, Bandung – Alat musik angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Sebelumnya, angklung yang berada di daerah-daerah bernada pentatonis. Kemudian dikembangkan menjadi nada diatonis oleh bapak Daeng Soetigna, sehingga sampai saat ini dikenal dengan sebutan “angklung padaeng”. Angklung padaeng sampai saat ini digunakan di sekolah-sekolah, karena dapat memainkan lagu tradisional, lagu nasional maupun lagu populer.

Sejak tanggal 23 Agustus 1986 angklung telah ditetapkan sebagai alat pendidikan musik melalui Keputusan Menteri Kebudayaan No.082/1968 tentang penetapan angklung sebagai alat pendidikan musik. Selain itu, Angklung telah diresmikan oleh UNESCO pada tangal 16 November 2010 sebagai warisan dunia tak benda dari Indonesia.

Menurut TIM PKM Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Diana Efendi mengatakan, pengenalan musik angklung khususnya untuk siswa tuna rungu di SLB N Cicendo Bandung dilakukan dengan mengganti not angka dengan gerakan tangan yang beragam oleh guru.

“Dibutuhkan dua orang guru untuk menghasilkan musik yang harmonis dengan satu orang guru berfokus kepada melodi dan guru lainnya berfokus pada akor,” katanya

Namun, gerakan tangan masih terbatas untuk not not biasa. Gerakan tangan dari guru belum mencakup nada kresendo dan dekresendo. Selain itu, jika salah satu dari guru berhalangan hadir, maka tidak dapat menghasilkan nada yang harmonis.

Dikatakan Diana, untuk mengatasi hal tersebut, dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sesuai dengan Kontrak Nomor: 108/SP2H/PPM/DPRM/2019, tanggal 08 Maret 2019, dibuatlah suatu program aplikasi sebagai alat bantu pembelajaran angklung berbasis multimedia, sebagai alat bantuan tambahan dimana dengan multimedia memungkinkan suatu permainan angklung dapat dilaksanakan tanpa bantuan pelatih. Sehingga dapat menggantikan partitur yang biasanya ditunjuk oleh seorang pelatih, dapat digantikan dengan animasi perubahan warna ( colouring score) ketika nada angklung dimainkan.

Selain itu, dibuatnya pembacaan partitur dengan aplikasi android dapat menigkatkan kemampuan siswa dalam berlatih diluar jam latihan.

Dijelaskan Diana, kegiatan ini akan terus berlangsung sampai dengan bulan Oktober 2019, guna terus menyempurnakan aplikasi yang sudah ada dan membiasakan siswa bermain angklung dengan aplikasi tersebut.

“Kegiatan pembelajaran pembacaan partitur angklung dengan metode colouring score yang menggunakan komputer berbasis multimedia ini bukan menggantikan peran pelatih sebagai instruktur dalam membawakan lagu sesuai dengan partitur, namun hanya sebagai media alternatif dalam melaksanakan kegiatan latihan angklung,” jelasnya.

Sosialiasi penggunaan program aplikasi ini diadakan tanggal 16 September 2019 bertempat di SLB N Cicendo sebagai mitra kegiatan PKM, Senin (16/9/2019).

Tim program kemitraan masyarakat (PKM) yang dipimpin oleh Diana Effendi dengan beranggotakan Bella Hardiana yang dibimbing langsung oleh R. Siti Maryati, selaku pembimbing Pelaksanaan PKM di SLB N Cicendo, terlebih dahulu memberikan pemahaman melalui pemaparan materi kepada para peserta didik dilanjutkan dengan simulasi pada aplikasi dengan menggunakan 3 lagu yaitu lagu Bunda karya Melly Goeslaw mewakili lagu berbahasa Indonesia, I Have A Dream – Westlife mewakili lagu berbahasa Asing dan Lagu Peyeum Bandung mewakili lagu daerah Jawa Barat.(Ahy)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format