Stephen Hillenburg Meninggal Dunia, SpongeBob Dikenang Sebagai Karya Terbaik


DEJABAR.ID – Dunia hiburan dan film animasi kini tengah berduka. Pencipta serial animasi anak-anak Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg, meninggal dunia pada Senin (26/11/18). Ia wafat pada usia 57 tahun.

Seperti dilansir AFP, Rabu (28/11/2018), Stephen meninggal dunia karena menderita amyotrophic lateral sclerosis atau ALS. Hillenburg memang sebelumnya sempat mengumumkan bahwa dia menderita penyakit ALS, penyakit neurodegenerative progresif, pada tahun lalu.

Penyakit yang dideritanya adalah persis sama dengan penyakit yang menyerang mendiang fisikawan Stephen Hawking.

Tidak hanya dikagumi oleh anak-anak Spongebob hasil karya Stephen juga dikagumi oleh kalangan dewasa karena ceritanya yang banyak menyuguhkan keseriusan dan kedalaman, meski temanya anak-anak, dengan kejenakaanya ia mampu menyajikannhiburan yang menyenangkan.

Terkenal lewat serial Nickelodeon yang diluncurkan pada 1999 yang menceritakan tentang sponge berwarna kuning dan teman-temannya di Kota Bikini Bottom di kedalaman Samudra Pasifik. Serial tersebut menarik bagi anak-anak, keluarga, dan mahasiswa, yang kemudian menjadi lisensi global.

Tak hanya dialih bahasakan ke dalam bahasa Indoensia. Serial tersebut ditayangkan dalam lebih 60 bahasa, termasuk Azerbaijan. Hillenburg juga dinominasikan sembilan kali untuk Emmy Award.

Stephen Hillenburg lahir di pos Angkatan Darat AS di Lawton, Oklahoma, dari seorang ayah yang bertugas di militer, yang kemudian menjadi juru gambar dan desainer untuk perusahaan kedirgantaraan. Ibunya merupakan seorang pengajar siswa tunanetra.
Di akun resmi  twitter. Pihak dan rekan-rekan perusahan mengungkapkan rasa kehilangannya kepada Stephen.

Dengan sedih kami mengabarkan berita kematian Stephen Hillenburg, pencipta Spongebob SquarePants. Hari ini, kami mengheningkan cipta untuk menghormati hidup dan karyanya,” begitu ungkap akun Nickleodeon.

Wafatnya seorang kreator animasi Stephen Hillenburg ini menyisakan duka bagi penggemar serial Spongebob. Karyanya disebut telah banyak menginspirasi bagi semua orang.

Setiap karakternya yang khas dan sangat men original dan dunia Bikini Bottom akan tetap dikenang sebagai pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi tanpa batas. Selamat jalan Steve, semoga karyamu tetap abadi! (yga)