Tema, Sejarah dan Perayaan Hari Pangan Sedunia 2019

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

dejabar.id – Hari Pangan Sedunia diperingati pada 16 Oktober setiap tahun di seluruh dunia untuk menghormati tanggal pendirian Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Hari Pangan Sedunia dirayakan oleh beberapa organisasi yang peduli dengan ketahanan pangan seperti International Fund for Agricultural Development, the World Food Program, dan lain sebagainya. Perayaan ini menghasilkan kesadaran global bagi mereka yang menderita kelaparan dan untuk memastikan kebutuhan akan keamanan pangan dan diet bergizi untuk semua. Fokus utama perayaan ini adalah bahwa makanan adalah hak asasi manusia yang mendasar.

Hari Pangan Sedunia 2019: Tema

Tema Hari Pangan Sedunia 2019 adalah “Tindakan Kita Adalah Masa Depan Kita. Diet Sehat untuk Dunia #ZeroHunger” (“Our Actions Are Our Future. Healthy Diets for A #ZeroHunger World “). Ini berfokus pada penanganan kelaparan global. Karena globalisasi, urbanisasi dan pertumbuhan pendapatan, pola makan dan kebiasaan makan kita berubah. Alih-alih musiman, makanan kaya serat dan makanan nabati kita dialihkan ke penyulingan, pati, gula, lemak, garam, makanan olahan, daging, dan lain-lain.

Telah terlihat bahwa di daerah perkotaan waktu yang dihabiskan untuk menyiapkan makanan atau makanan sangat kurang karena orang-orang ini bergantung pada makanan siap saji, supermarket, makanan cepat saji dan makanan jalanan.

Karena diet yang tidak sehat dan gaya hidup yang berpindah-pindah, obesitas pada orang meningkat di negara-negara maju dan berpenghasilan rendah. Menurut FAO, 670 juta orang dewasa dan 120 juta anak perempuan dan laki-laki dari kelompok usia 5 hingga 18 tahun mengalami obesitas dan 40 juta anak di bawah 5 kelebihan berat badan. Sekitar 820 juta orang menderita kelaparan.

Hari Pangan Dunia: Sejarah

Negara-negara anggota Organisasi Pangan dan Pertanian membentuk Hari Pangan Sedunia pada November 1979 di Konferensi Umum ke-20 organisasi dan menyerukan peringatan Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober 1981. Keputusan ini diratifikasi oleh Majelis Umum PBB pada 5 Desember, 1980 dan mendesak pemerintah dan organisasi internasional, nasional dan lokal untuk berkontribusi dalam merayakan Hari Pangan Sedunia. Sejak 1981, Hari Pangan Sedunia telah diadakan setiap tahun.

Hari Pangan Dunia 2019: Perayaan

Berbagai acara diselenggarakan pada hari ini. Di FAO, kantor pusat di Roma, Italia, program dalam skala besar diselenggarakan. Ini terutama berfokus pada perhatian terhadap pasokan makanan. Beberapa Organisasi PBB dan universitas menyelenggarakan simposium, konferensi, lokakarya, presentasi tentang topik-topik seperti produksi pangan, distribusi, dan keamanan.

India adalah negara dengan beragam budaya dan tradisi. Festival dirayakan di seluruh negeri dalam gaya dan perilaku yang berbeda dari satu negara bagian ke negara lain. Pada hari ini, beberapa keluarga menyimpan makanan dan membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan dan miskin. Di beberapa perusahaan swasta dan organisasi Pemerintah ada skema di mana gaji dikurangkan dari karyawan yang secara sukarela ingin menyumbang untuk bank makanan dan uang yang terkumpul dapat digunakan pada saat bencana alam.

Tentang Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO)

Ini adalah badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berupaya untuk mengalahkan kelaparan melalui upaya internasional. FAO bertujuan untuk mencapai ketahanan pangan untuk semua dan untuk memastikan bahwa orang memiliki akses teratur ke makanan berkualitas tinggi yang cukup untuk menjalani kehidupan sehat yang aktif. Ini memiliki 194 negara anggota dan bekerja di lebih dari 130 negara di seluruh dunia.

Apa itu diet sehat dan pentingnya?

Pola makan yang sehat memenuhi kebutuhan gizi orang dengan menyediakan makanan yang cukup, aman, bergizi dan beragam untuk menjalani kehidupan yang baik dan mengurangi risiko penyakit. Kita tidak dapat mengabaikan fakta bahwa diet bergizi kadang-kadang mahal dan tidak terjangkau oleh banyak orang.

Apakah Anda tahu bahwa diet yang tidak sehat adalah faktor risiko utama untuk beberapa kematian akibat penyakit tidak menular (NCD) seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker? Hampir satu dari tiga orang dipengaruhi oleh obesitas dan beberapa bentuk gizi buruk lainnya. Tidak diragukan lagi, ada solusi untuk mengurangi semua bentuk kekurangan gizi tetapi komitmen global dan tindakan yang harus diambil diperlukan dengan komitmen penuh.

Kombinasi nutrisi yang baik dan berat badan yang sehat mengurangi risiko penyakit kronis. Jika Anda makan sehat, nutrisi akan mencapai tubuh Anda dan Anda akan tetap sehat, aktif dan kuat. Aktivitas fisik dengan diet sehat juga memainkan peran penting.

Related posts

Leave a Comment