4 Fakta Unik Asian Para Games


DEJABAR.ID – Setelah Indonesia sukses dengan perhelatan olahraga akbar se-Asia, bulan oktober mendatang Indonesia kembali menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga Asian Para Games 2018. Asian Para Games khusus diselenggarakan untuk atlet penyandang Disablitas se- Asia. Tahun 2018 juga merupakan pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah ajang olahraga tingkat Asia yaitu Asian Games dan Asian Para Games.
Ajang olahraga penyandang Disabilitas terbesar ke-dua di Dunia ini akan diselenggarakan mulai dari tanggal 6 – 16 Oktober 2018. Melihat dari kesuksessan Asian Games 2018, panitia pelaksana Asian Para Games (INPAGOC) memaksimalkan persiapan terakhir supaya Asian Para Games bisa lebih sukses dari Asian Games 2018 yang diselenggarakan sejak bulan Agustus lalu.
Raja Septa Oktohari selaku ketua INPAGOC mengatakan kesiapannya untuk memeriahkan ajang olahraga Asian Para Games, pasalnya persiapan telah dilakukan sejak setahun yang  lalu, tempat tinggal atlet, transportasi dan administrasi termasuk pengelolaan tiket telah dipersiapkan terlebih tim INPAGOC melihat langsung bagaimana pengelolaan hal tersebut saat Asian Games berlangsung.
Kemudian untuk tiket dibagi kedalam tiga kategori yaitu tiket pembukaan, penutupan dan nonton pertandingan. Harga tiket akan lebih murah dari harga tiket Asian Games, karena INPAGOC menginginkan lebih banyak orang yang menonton dengan kapasitan 44.000 orang.
Dejabar telah merangkum beberapa hal unik tentang Asia Para Games 2018, yuk disimak.

  1. Target perolehan medali emas

Setiap ajang olahraga digelar pasti ada target-target perolehan medali emas yang ditentukan. Jika target perolehan medali emas pada Asian Games 2018 menargetkan 16 medali emas maka, di Asian Para Games 2018 ini Indonesia menargetkan perolehan 17 medali emas.

  1. Meneruskan konsep area publik saat Asian Games

Pembukaan Asian Games bulan Agustus lalu berlangsung meriah dan masih membekas dengan konsep area publik di kawasan Glora Bung karno. INPAGOC menyatakan akan meneruskan konsep tersebut namun dengan memepertimbangkan faktor aksesibilitas Asian Para Games akan di gelar lebih humanis.

  1. Cabang olahraga yang di pertandingkan

Ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Para Games dengan 568 nomor sedangkan saat Asian Games ada 40 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 463 nomor. Meskipun cabang olahraga yang di pertandingkan jauh lebih sedikit namun untuk penomoran jauh lebih banyak hal tiu dikarenakan setiap cabang olahraga membutuhkan klasifikasi atlet sesuai latar belakang fisiknya.

  1. Prestasi Indonesia di Asian Para Games

Asian Para Games pertama diselenggarakan di China pada tahun 2010 diikuti oleh 30 negara, Indonesia berada di peringkat ke-14 memperoleh satu emas, lima perak dan lima perunggu. Asian Para Games 2014 diselenggarakan di Korea Selatan Indonesia berada di peringkat ke-11 dengan perolehan 9 medali emas, 11 medali perak dan 18 medali perunggu. Dan pada tahun 1017 diselnggarakan Asean Para Games di Malaysia Indonesia menjadi juara umum dengan dengan 126 medali emas, 75 medali perak dan 50 medali perunggu. (Ima)