Awal Mula Makam Jabang Bayi Kota Cirebon, Bayi Hasil Hubungan Gelap


0

DEJABAR.ID, CIREBON – Situs Makam Jabang Bayi merupakan salah satu makam keramat yang terletak di Jalan Kesambi Kota Cirebon. Di sini, terdapat makam berukuran kecil, seperti layaknya bayi yang dikuburkan, yang berada di dalam sebuah bangunan kecil yang dikelilingi pemakaman umum. Banyak orang yang berziarah ke sini yang berasal dari berbagai daerah dengan tujuan dan maksud yang berbeda-beda.

Menurut penjaga sekaligus juri kunci Makam Jabang Bayi, Kani, Situs Makam Jabang Bayi awalnya bukan di Kesambi, melainkan di dekat Rutan Pelabuhan. Jabang bayi tersebut awal mulanya ditemukan oleh seorang nelayan saat hendak melaut di sekitar pelabuhan.

Nelayan tersebut tak mengira, benda yang terombang-ambing terkena ombak tersebut merupakan jasad jabang bayi. Sehingga oleh masyarakat sekitar, jabang bayi tersebut langsung dimakamkan di dekat pelabuhan.

“Waktu itu ketika zaman Belanda, sekitar tahun 1700 atau 1800-an, tidak ada yang tahu bayi siapa ini, siapa ayahnya dan ibunya,” jelasnya saat ditemui dejabar.id di Situs Makam Jabang Bayi, Jalan Kesambi, Kota Cirebon, Kamis (27/6/2019).

Kemudian, lanjutnya, karena akan ada perluasan wilayah pelabuhan, dan akan mengganggu aktivitas di rutan karena banyaknya peziarah yang datang, akhirnya makam jabang bayi tersebut dipindah ke daerah Kesambi.

Dulunya, di wilayah Kesambi tidak ada makam. Lama-kelamaan, karena adanya makam Jabang Bayi di situ, akhirnya kawasan di sekitarnya berubah menjadi areal pemakaman hingga sekarang. Dan area pemakaman tersebut pun bernama TPU Jabang Bayi.

“Karena banyak yang berziarah ke makam Jabang Bayi, akhirnya dibuatlah bangunan untuk tempat makam dari sumbangan para peziarah,” jelasnya.

Terpisah, menurut Sejarawan dan Budayawan Cirebon, Nurdin M. Noer, berdasarkan catatan sejarah, jabang bayi tersebut merupakan hasil hubungan gelap antara putra mahkota keraton dengan anak seorang residen Belanda, sekitar tahun 1780. Bayi tersebut langsung meninggal ketika lahir.

“Karena merupakan hasil hubungan gelap, maka jasad bayi tersebut dibuang ke pantai pelabuhan,” pungkasnya.(Jfr)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format