Bagaimana Cara Pakai QR Code Untuk Bagikan Profil Instagram


qr code instagram

Kini instagram telah meluncurkan fitur baru, yaitu QR Code atau Kode QR sebagai salah satu cara bagi pengguna instagram untuk berbagi profil dengan pengguna yang lain.

Fitur QR Code ini akan menggantikan fitur Name Tag yang memiliki fungsi untuk menampilkan nama agar pengguna dimudahkan berbagi profil dengan pengguna lain.

Berbeda dengan Fitur Name Tag yang tidak dapat dipindai dengan menggunakan sembarang aplikasi, hanya memungkinkan untuk dipindai dengan menggunakan aplikasi Instagram.

Fitur baru QR Code dapat dipindai menggunakan aplikasi kamera pemindai apapun yang mampu mengenali barisan kode itu.

qr code instagram
Foto oleh Brett Jordan on Unsplash

Seperti dilansir dari The Verge, Fitur QR Code diluncurkan pertama kali di Jepang pada tahun lalu, Inisiatif ide ini dilakukan agar para pengguna yang berbisnis menggunakan Instagram dapat dengan mudah membagikan profil kepada konsumen mereka.

Berikut adalah langkah untuk menggunakan fitur QR Code di aplikasi Instagram :

1. Membuka Profil Instagram

2. Pilih Setting di Halaman Profil

3. Klik Kode QR / QR Code.

Meski dilaporkan telah dirilis secara global, namun berdasarkan pantauan, ternyata fitur ini masih belum dapat digunakan di Indonesia.

Namun pengguna aplikasi Instagram di Indonesia masih dapat memantau pembaruan dari aplikasi Instagram untuk mendapat fitur tersebut.

Penggunaan Kode QR untuk profil ini sebelumnya telah digunakan Facebook untuk para pengguna Whatsapp.

Selain itu, sejumlah aplikasi lain juga sudah menggunakan fitur ini seperti Twitter, Facebook, Snapchat, dan Spotify. ()