BTS dan BLACKPINK Sumbang Peningkatan Royalti K-Pop di Luar Korea

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

dejabar.id – Kembali menuai prestasi, Korean Music Copyright Association (KOMCA) secara resmi berterima kasih pada BTS dan BLACKPINK yang telah banyak membantu Royalti K-Pop dari Luar Negeri meningkat sebesar 140% dari tahun lalu.

Pada Selasa (3/9/2019), KOMCA telah merilis pernyataan resmi terkait royalti tahunan Korea Selatan yang diperoleh dari artis-artis yang tampil di luar negeri. KOMCA sendiri adalah adalah sebuah kolektif hak cipta nirlaba Korea Selatan untuk karya musik, mengelola kinerja publik dan hak siar, dan rekaman mekanis dan hak reproduksi.

Royalti musik Korea dari luar negeri telah mencatat total 11,3 miliar won (sekitar $ 9,3 juta) sepanjang tahun 2019 yang merupakan peningkatan 140% dari tahun lalu.

Dikutip dari Naver, dalam pernyataannya itu KOMCA mengatakan bahwa peningkatan royalti sebesar 140% dari tahun lalu banyak dibantu oleh BTS dan BLACKPINK.

Seorang perwakilan dari KOMCA berkomentar, “Musik artis Korea seperti BTS dan BLACKPINK menerima cinta dari orang-orang di seluruh dunia, dan karenanya artis Korea terus menampilkan konser di luar negeri. Terima kasih banyak kepada BTS dan BLACKPINK.”

Sementara itu Ketua KOMCA Hong Jin Young mengaku bangga pada BTS dan BLACKPINK.

“Saya sangat bangga dan berpikir itu bermakna bahwa orang-orang dari seluruh dunia mendengarkan dan menikmati musik negara kami, dan ini semua dimungkinkan karena kerja keras dari penulis lagu kami yang memasukkan upaya penuh mereka untuk membuat musik yang bagus,” ungkapnya, dilansir dari Soompi.

Dia melanjutkan untuk melindungi dengan benar hak-hak penulis lagu, KOMCA akan berupaya memastikan koleksi lengkap royalti musik dari penggunaan di luar Korea.

“Kami juga akan bekerja untuk melindungi hak-hak penulis lagu asing dengan mengelola dengan benar penggunaan musik asing di Korea,” paparnya. (rza)

Related posts

Leave a Comment