Bupati Majalengka Sebut Penanganan Pandemi Fokus Kesehatan dan Ekonomi


DEJABAR, MAJALENGKA – Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan, bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19, ada beberapa hal yang paling penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Pertama kata dia, kesehatan dan ekonomi, serta peningkatan dalam hal layanan dasar kesehatan masyarakat menjadi fokus utama supaya dapat menjaga kondisi ekonomi masyarakat.

“Untuk penanganan pandemi sendiri, kita menyiapkan 10 alat perlindungan diri kepada masyarakat Majalengka. Seperti alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan dan 10 masker yang siap didistribusikan kepada setiap masyarakat,” kata Karna Sobahi, Jumat (10/9/2021).

Selain itu, menurut Karna Sobahi, bahwa Pemkab Majalengka juga menyiapkan rumah sakit yang siap menerima dan merawat pasien yang terkonfirmasi Covid-19 beserta obat-obatan. “Dengan begitu, kita berharap dapat meminimalisir warga Majalengka dari terpapar Covid-19,” harapnya.

Dengan upaya-upaya tersebut, Bupati Majalengka menegaskan, bahwa pihaknya juga fokus dalam menggerakan roda ekonomi masyarakat agar terus berjalan meski disituasi sulit seperti sekarang ini.

“Ekonomi-ekonomi juga kita gerakan, terutama sektor-sektor rill, UMKM, pertanian, padat karya. Artinya rakyat tidak diam pada saat pandemi ini,” tambahnya.

Namun, dijelaskan Karna Sobahi, bahwa kegiatan ekonomi dan penanganan pandemi harus selaras dengan akselerasi vaksinasi. Untuk itu edukasi terkait vaksin menjadi modal utama pemerintah untuk mensukseskan program tersebut.

“Saat ini Pemkab Majalengka bersama Forkopimda lagi menggiatkan program vaksinasi, kita juga mengajak para tokoh-tokoh adat, ulama, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait vaksinasi ini. Alhamdulillah masyarakat banyak yang mau divaksin,” jelasnya. (*)