Press ESC to close

Dea Rahman Minta Pemkab Pangandaran Bantu Kepulangan Ibunya dari Arab Saudi

  • April 1, 2019

DEJABAR.ID, PANGANDARAN-Dea Rahman yang merupakan anak dari seorang Tenaga kerja Indonesia (TKI) bernama Umay Sumarni Suherman (46), warga Dusun Masawah Rr 03/RW 02 Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat meminta dan berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran melalui Dinas terkait agar membantu kepulangan ibunya yang kini berada di Arab Saudi.
“Ibu (Umay-red) sudah 17 tahun bekerja di Arab Saudi sebagai pembantu rumah tangga, namun kini tidak bisa pulang ke tanah air. Malah sebagian gaji selama bekerja diduga belum dibayarkan oleh majikannya,” ujar Dea Rahman kepada awak media melalui pesan surat elektronik yang masuk ke email reporter Dejabar.id. Minggu (31/03/2019) malam.
Rahman meminta kepada pemerintah daerah kabupaten pangandaran melalui dinas terkait untuk membantu memulangkan ibu ke tanah air.
“Saya mohon dibantu juga agar hak ibu saya dapat dipenuhi oleh majikannya. Kami dari keluarga memang tidak melapor ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pangandaran, tapi langsung ke BNP2TKI, Kemenlu, dan KBRI Jeddah. Kami tidak melaporkan ke Pemkab Pangandaran karena kebetulan kami tinggal di Bekasi. Jadi langsung datang ke Jakarta,” aku Rahman.
Rahman menyampaikan pihak keluarga sudah melakukan berbagai upaya termasuk melaporkan ke BNP2TKI Deputi Bidang Perlindungan, Kemenlu dan KBRI Jedah. Selain itu, pihaknya pun sudah meminta bantuan kepada Garda BMI, Organisasi Pelindungan TKI yang ada di Arab Saudi. Namun, sejak dilaporkan hingga saat ini belum ada perkembangannya.
“Dengan adanya kasus yang menimpa ibu saya, kami dari keluarga meminta pemerintah melalui KJRI Jeddah dan Indonesian Consulate untuk menindaklanjuti ke pihak-pihak yang berwenang di Arab Saudi dengan menempuh jalur diplomatik. Kami memohon agar pemerintah mengupayakan kepulangan ibu kami ke tanah air,”pintanya tegas.
Menurut Dia, ibunya berangkat menjadi TKI ke Arab Saudi melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia PT. Sabika Arabindo pada tahun 2002 dan bekerja pada keluarga Abdul Azizi Hasan Ali di Mekkah Arab Saudi.(dry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *