Dinkes Subang Siapakan 6 Puskesmas Untuk Pengobatan Penderita HIV/AIDS


DEJABAR.ID, SUBANG – Tingginya angka penderita HIV-AIDS di Kabupaten Subang, membuat Pemkab Subang harus memberlakukan seluruh Puskesmas yang ada, untuk memberikan pelayanan pengecekan HIV/AIDS bagi masyarakat.
Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kabupaten Subang, dr. Maxi mengungkapkan, dari 40 Puskesmas yang ada 6 Puskesmas yang sudah disiapkan untuk melayani pengobatan HIV-AIDS, yakni Puskesmas Patokbeusi, Pamanukan, Pagaden, Sukarahayu Subang, Kalijati dan Puskesmas Jalancagak.
“Upaya yang Kita lakukan untuk pencegahan dan pengobatan HIV-AIDS itu, Kita siapkan seluruh Puskesmas yang ada, di sana masyarakat bisa melakukan tes HIV-AIDS, sedangkan untuk pengobatan Kita siapkan 6 Puskemas yang khusus untuk pengobatan HIV-AIDS tersebut,” ungkap dr.Maxi kepada DEJABAR.ID Subang, Jumat pagi(30/11/2018).
Sementara itu menurutnya, dengan menetapkan 6 Puskesmas yang ada di 6 Kecamatan itu untuk melayani pengobatan HIV-AIDS, sekaligus untuk mewakili setiap wilayah, dimana masyarakat yang menderita HIV-AIDS, bisa dengan mudah terlayani.
“Ke 6 Puskesmas itu diharapkan, bisa mewakili seluruh wilayah, untuk melayani masyarakat penderita HIV-AIDS, untuk berobat,” tandasnya.
Lebih lanjut Maxi mengatakan, tanpa upaya yang sedang kita lakukan ini, maka permasalahan HIV-AIDS tersebut akan semakin merajalela, terlebih saat ini, jumlah penderita HIV-AIDS di Subang sudah mencapai 1.766 orang penderita.
“Mudah-mudahan dengan adanya 6 puskesmas untuk pengobatan penderita HIV/AIDS serta 45 puskesmas dikabupaten Subang yang siap memberikan layanan pemeriksaan dan konseling tentang HIV/AIDS ini bisa mengurangi dan menekan angka penyebaran HIV/AIDS di Subang,” pungkasnya. (ahy)