Ditengah Pandemi Corona, Seorang Prajurit TNI di Majalengka Ajari Pelajar Bahasa Inggris


DEJABAR, MAJALENGKA – Peltu Dedi Suryadi sejatinya bukanlah seorang guru, namun di tengah pandemi Corona yang melanda Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Selain sebagai Babinsa Koramil 1713/Ligung, Kodim 0617/Majalengka.

Ia juga mengambil peran sebagai guru bahasa inggris untuk mengajar anak-anak yang saat ini belajar di rumah. Berbekal kemampuan berbahasa inggris yang baik, Peltu Dedi Suryadi mengajari pelajar Bahasa Inggris di wilayah Kecamatan Ligung, Majalengka.

Prajurit TNI AD tersebut, nyambi melakukan aktivitas mengajari anak-anak berbahasa inggris di wilayah binaannya itu, memang sudah dilakukan sejak lama. Namun, semenjak adanya penyebaran COVID-19 beberapa bulan terakhir ini.

Saat itulah ia mulai mengajak anak-anak yang tidak bisa lagi belajar di sekolah kembali berkumpul untuk belajar bahasa inggris di Koramil 1713/Ligung. Karena, di Koramil tersebut, juga tersedia wifi gratis untuk belajar daring atau online.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto, melalui Danramil 1713/Ligung, Kapten Cba Suhardi mengatakan, bahwa selama pembelajaran dengan sistem daring. Pelajar yang ada di sekitar Kecamatan Ligung, dipersilahkan datang langsung ke Koramil 1713/Ligung.

“Para pelajar saat ini bisa menggunakan fasilitas wifi gratis di Koramil 1713 Ligung, untuk kegiatan belajar daring. Bahkan, kami bersama Babinsa mendampingi langsung, dengan tujuan untuk memberikan bantuan penjelasan apabila ada hal yang tidak dimengerti,” Ungkap Danramil, Kamis (20/8/2020).

Di samping, para pelajar dapat memanfaatkan pasilitas wifi gratis tersebut, menurut Danramil, bahwa para siswa/siswi juga sekaligus akan diajari Bahasa Inggris oleh anggota Babinsa Koramil 1713, Peltu Dedi Suryadi tersebut.

Sementara itu, Peltu Dedi Suryadi menyampaikan, bahwa di era moderen saat ini semua masyarakat dituntut untuk melek teknologi, kebanyakan teknologi saat ini menggunakan bahasa inggris.

“Saya harap dengan pemberian tambahan pelajaran Bahasa Inggris, akan menambah wawasan anak-anak tersebut,” Harap Peltu Dedi.

Menurut dia, pandemi Corona saat ini tidak harus menjadi alasan untuk membatasi setiap anak mendapatkan akses pendidikan yang layak. “Jadi, dari pada mereka hanya stay at home dan tidak ada aktivitas apa-apa, mendingan saya ajari mereka tambahan bahasa inggris. Namun, tetap dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Baginya berbagi ilmu kepada anak-anak di pedalaman desa tersebut merupakan kepuasan tersendiri. “Tentu ada kepuasan tersendiri dan itu membuat saya sangat bahagia sekali,” Ucapnya.

Selama menjalankan aktivitasnya di desa itu, Peltu Dedi juga mengaku, ia sangat mendapat dukungan dari warga desa setempat. Bahkan, para siswa sangat antusias mengikuti bahasa inggris yang diberikan oleh Peltu Dedi Suryadi.

Mereka, sesekali bercanda dan bergurau, suasana belajar mengajar di Koramil itu pun menjadi hangat. “Kegiatan ini merupakan rasa peduli Kodim 0617/Majalengka, dengan dunia pendidikan,” Jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pelajar asal Ligung, Salsabila menyampaikan sangat senang dengan adanya wifi gratis, sehingga dapat membantu meringankan beban orang tua.

“Apalagi, ada tambahan pelajar bahasa inggris yang diajarkan oleh Bapak TNI, ini sangat mudah diterima dan sangat membantu saya dalam menambah wawasan,” Bebernya. (Jfn)