Festival Layang-layang Tahun 2019 di Pangandaran Digelar Selama 3 Hari


DEJABAR.ID, PANGANDARAN – Pangandaran International Kite Festival 2019 akan berlangsung selama tiga hari tepatnya pada hari Jumat – Minggu tanggal 12-14 Juli 2019 mendatang di Pantai Timur lapang Ketapang Doyong, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan, Event rutin tahunan ini akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Kementerian Pariwisata juga akan dihadiri langsung oleh Ibu Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator Bidang Maritim.

Panitia Pelaksana Pangandaran International Kite Festival 2019, Pupung mengatakan, pelaksanaan event tahunan ini akan lebih gebyar, pasalnya, selain event festival layang-layang, juga bakal ada giat lainnya.

“Selain festival layang-layang, nanti juga bakal ada gelora kegiatan aksi sosial dengan melakukan bersih-bersih pantai yang di prakarsai oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim,” ujarnya kepada Dejabar.id, Selasa (25/06/2019).

Menurut Pupung, agenda yang akan disajikan kepada pengunjung pada event Pangandaran International Kite Festival 2019 diantaranya, Kite Festival, Kite Kompetisi dan Night Kite-Kite Festival atau Festival Layang-layang malam.

“Selain itu juga ada helaran Seni Budaya, Ronggeng Gunung, Festival Seni Budaya dan Budaya Tradisional, Festival ragam makanan Khas Pangandaran, pameran dari pelaku UMKM, dan ditunjang dengan event lainnya yakni lomba mewarnai layang-layang, satu sampah jadi berkah, fashion show dan event pendukung lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan, Kabupaten Pangandaran, Undang Sohbarudin menyebutkan, bahwa tujuan pengelenggaraan Pangandaran International Kite Festival ini untuk menggugah ingatan masyarakat dan mempertahankan keberlangsungan peran sebuah event (Sustainable Use) yang sudah ada dan dikenal ditingkat Internasional.

“Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat khususnya generasi muda dengan cipta, karya, karsa dan kreatifitas melalui media layang-layang sebagai core bagi kegiatan-kegiatan yang lainnya,” sebut Undang.(dry)