Gokil, Emak-Emak di Cirebon Ini Terjun Langsung Bersihkan Sungai


DEJABAR.ID, CIREBON – Jika emak-emak sedang kumpul bersama, biasanya kemungkinan besar yang mereka lakukan adalah sibuk belanja, bergosip ria ataupun arisan. Namun, berbeda dengan emak-emak yang tergabung dalam Mom’s Community ini. Mereka tidak malu-malu untuk turun langsung ke sungai dan membersihkannya.
Bersama dengan Komunitas Peduli Sungai, mereka bersama-sama membersihkan Sungai Pacit yang berada di sekitar venue event Jagakali International Art Festival ke-7, Kalijaga, Kota Cirebon, Jumat (19/10/2018). Aksi tersebut bertujuan untuk mengkampanyekan peduli dan cinta terhadap lingkungan, terutama sungai.
Mereka mengambil sampah-sampah yang mengambang di sungai, dengan menggunakan semacam jaring, yang dibentangkan dengan bantuan beberapa orang. Kemudian, mulai membersihkan sampah yang terdiri dari dedaunan.
Awalnya, mereka terlihat kesulitan dalam membersihkan sungai. Wajar saja, karena mereka baru pertama kalinya terjun langsung ke sungai dan membersihkannya. Meskipun begitu, mereka dipandu oleh Komunitas Peduli Sungai.
Sebelum membersihkan sungai, Mom’s Community terlebih dahulu menebar 600 ekor benih ikan ke sungai Pacit, seperti ikan nila, mujair, dan mas. Penebaran benih tersebut bertujuan agar ekosistem di sungai Pacit bisa tumbuh kembali.
Menurut ketua Mom’s Community, Linda Rosalina atau yang kerap disapa Mom L, dia merasa senang bisa membersihkan sungai dan menebar benih ikan. Karena, kalau sudah bersih, masyarakat juga bisa mengelola sungai dan merawatnya juga.
“Dengan begini, semoga bisa mengajak ke orang-orang supaya tidak buang sampah sembarangan. Apalagi saya bawa anak saya yang kecil biar bisa merasakannya langsung,” jelasnya saat ditemui Dejabar.id, Jumat (19/10/2018).
Sebelumnya, Mom’s Community memberikan santunan kepada puluhan anak yatim berupa nasi bungkus, baju bekas, dan jajanan. Mereka berharap, kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkelanjutan.
“Biasanya di hari Jumat merupakan kegiatan rutin Mom’s Community membagikan santunan berupa nasi bungkus kepada anak-anak yatim,” pungkasnya.(Jfr)
 
 
 


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format