Hadapi Bencana, Ratusan Personel Hingga Peralatan di Majalengka Disiagakan


Dejabar.id, Majalengka – Sebanyak 500 personel gabungan disiapkan Pemerintah Kabupaten Majalengka bersama Polres Majalengka dan TNI untuk menghadapi potensi bencana.

Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono mengatakan, apel siaga tersebut digelar untuk menghadapi potensi bencana di Kabupaten Majalengka.

“Jadi hari ini bukan hanya antisipasi, tapi memantapkan dan mensiagakan personel Polres Majalengka, TNI Kodim 0617 Majalengka dan instansi terkait lainnya,” ungkap Kapolres AKBP Mariyono, kepada dejabar.id, usai apel siaga bencana, Rabu (8/1/2020).

Menurut Kapolres, ratusan personel gabungan tersebut yang disigakan adalah yang memiliki kompetensi serta sarana prasarana dalam membantu masyarakat menghadapi bencana alam di wilayah Kabupaten Majalengka.

Mengingat kata Kapolres, dampak yang ditimbulkan besar, penanggulangan bencana alam harus dilakukan dengan penggunaan prinsip dan cara yang tepat, dengan tujuan tidak terlalu berdampak buruk bagi korban bencana.

“Potensi terjadinya bencana alam sangat besar di musim hujan ini, untuk itu, partisipasi semua stakeholder mulai dari BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas PU dan TNI-Polri, Dishub, Satpol serta intansi terkait lainnya sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Jika benar nanti adanya bencana lanjut dia, pihaknya juga telah menyiagakan sebayak 150 personel Polres Majalengka untuk menghadapi bencana alam.

“Tetapi jika memang membutuhkan lebih personel, maka kita akan tambah personelnya,” jelasnya. (jja)