Hari Pertama Kerja, 24 ASN Kabupaten Cirebon Absen


DEJABAR.ID, CIREBON – Memasuki hari pertama kerja setelah libur Lebaran 2019, sebanyak 24 Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak hadir di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. Hal tersebut diketahui setelah Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, melakukan sidak di 73 SKPD Kabupaten Cirebon.
Menurut Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Cirebon, Ade Sutardi, dari total 13.352 ASN yang ada, hanya 24 orang saja yang tidak hadir. Adapun rincian 24 orang tersebut terdiri dari 11 orang cuti, 11 orang sakit didukung surat dokter, dan 2 orang mengikuti pendidikan.
“Dalam sidak yang dibagi tiga tim, alhamdulilah dari 73 SKPD yang dikunjungi dengan jumlah pegawai 13.352, mencapai angka 99,83 persen,” jelasnya, Senin (10/6/2019).
Ade menjelaskan, sidak itu merupakan instruksi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), dan hasilnya akan langsung dilaporkan maksimal pada Senin sore melalui aplikasi.
“Sidak ini ada dasarnya langsung dari MenPAN RB tentang laporan hasil kehadiran ASN sesudah cuti bersama. Hari ini maksimal jam 15.00 kita harus melapor secara aplikasi jadi langsung dipantau dari pusat,” jelasnya.
Sedangkan menurut Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, dengan presentase kehadiran yang mencapai 99,83% ini dapat diartikan bahwa ASN di Kabupaten Cirebon sudah disiplin dan sadar akan kewajibannya.
“Sidak ternyata semua bagus semua disipilin masuk. Kita cek data-data alhamdulilah semua disipilin. Harapannya semua ASN harus mempertahankan kedisiplinan ini,” pungkasnya.(Jfr)