DEJABAR.ID, CIREBON – Berbisnis online saat ini sudah banyak macamnya. Apalagi, dengan berkembangnya dunia teknologi dan internet, semakin memungkinkan bagi siapa saja untuk berbisnis online. Dengan demikian, terdapat ribuan, bahkan puluhan ribu orang yang menjalankan bisnis online di Indonesia.
Dengan banyaknya yang berbisnis online, maka persaingan antar pebisnis online bukan hal yang tidak mungkin. Apalagi, produk yang dipasarkan termasuk sama. Sehingga, persaingan inilah yang menyebabkan bisnis online itu berkembang, ataupun justru jatuh.
Menurut Founder Brand Tiento Indonesia Zulfahmi Hendra, dia memaparkan tentang berbagai strategi dalam memenangkan persaingan bisnis online yang semakin ketat. Dan strategi-strategi itulah yang membuat bisnis onlinenya dikenal oleh masyarakat luas.
“Yang utama adalah, kita harus membuat atau mempunyai produk yang berkualitas,” jelasnya dalam Seminar Financial Technology and E-Commerce di kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon, Jl. Yos Sudarso, Kota Cirebon, Kamis (6/9/2018).
Hendra menjelaskan, setiap pebisnis tentunya harus memiliki produk yang berkualitas, yang berbeda dengan lainnya. Produk tersebut juga adalah produk yang memang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga, konsumen bisa melirik produk-produk tersebut.
“Yang kedua adalah harga yang kompetitif. Jika harga bagus dengan kualitas barang yang bagus juga, maka orang akan tertarik untuk membeli,” tuturnya.
Strategi yang ketiga, lanjut Hendra, adalah pelayanan yang memuaskan, seperti ramah, respon cepat, dan komunikatif. Menurutnya, kalau pebisnis online tidak mempunyai pelayanan yang memuaskan, maka konsumen akan lari ke yang lain.
Untuk yang keempat, adalah pengiriman barang sangat menentukan. Menurut Hendra, meskipun para pebisnis ini sudah memberikan pelayanan yang terbaik, namun kalau pengirimannya lama, maka konsumen akan komplain dan mengeluh.
“Padahal itu bukan salah kita, salah di ekspedisi. Maka dari itu, pilihlah ekspedisi yang memang mempunyai proses pengiriman yang baik dan cepat,” tuturnya.
Yang kelima adalah feedback dari pelanggan. Menurut Hendra, ini adalah hal penting, karena pebisnis online bisa mengetahui apa tanggapan konsumen dari barang yang dijual ketika sudah sampai ke tangan mereka. Dan juga, bisa dijadikan patokan atau pertimbangan bagi konsumen lain yang ingin membeli produk di pebisnis online tersebut, sesuai dengan feedback pelanggan sebelumnya.
Untuk meningkatkan penjualan, Hendra juga menganjurkan agar para pebisnis online ini menggunakan berbagai media periklanan untuk meningkatkan produk penjualan, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Google Adsense, Youtube, mendaftarkan lokasi di Google My Business, serta memanfaatkan fitur Gojek dan Grab.
Dan terakhir adalah menguji warning campagne. Hendra menjelaskan, faktor terpenting dalam bisnis online adalah gambar, headline, konten sales letter (orang ingin menyimak), serta menentukan target pasar calon konsumen yang mampu membeli.
“Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, maka kita bisa memenangkan persaingan bisnis online, seperti yang sudah saya terapkan dalam bisnis online saya sendiri,” pungkasnya.(jfr)
Leave a Reply