Jokowi-Ma'ruf Terpilih, Penetapan Presiden dan Wakilnya Ditentukan Tiga Hari ke Depan


DEJABAR.ID, JAKARTA-KPU telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 dari seluruh provinsi di Indonesia. Dari hasil itu, pada pemilihan Pilpres, dari jumlah suara sah nasional 154.257.60, paslon 01 Jokowi-Ma’ruf unggul 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Sementara paslon 02 Prabowo-Sandi mendapat 68.650.239 suara atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.
Dikutip dari Detik.com, seperti diketahui, Jokowi-Ma’ruf unggul di 21 provinsi, yang terdiri atas Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung. Selanjutnya pasangan nomor urut 01 itu menang di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah.
Kemudian Jokowi-Ma’ruf unggul di Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, dan Papua.
Sementara itu, 13 provinsi lainnya dikuasai pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
Menurut Ketua KPU, Andi Arif mengatakan, pihaknya tetap akan menunggu selama tiga hari ke depan untuk menunggu apakah ada paslon atau parpol atau caleg yang mengajukan sengketa ke Mahkamah Konstitusi (MK) atau tidak. Jika tidak, KPU akan menetapkan presiden dan wapres terpilih pada 24 Mei.
“Kalau nggak ada pengajuan sengketa MK, misalnya hari ini 21, maka tanggal 22, 23, 24, kalau 24 nggak ada sengketa, maka KPU 3 hari berikutnya punya kesempatan menetapkan calon terpilih untuk paslon sama DPD. Kalau partai, akan ada penetapan calon terpilih dan perolehan,” ucapnya.(red/detik)