Press ESC to close

Kabupaten Cirebon dan BJB Luncurkan Program BJB Mesra

  • February 13, 2019

DEJABAR.ID, CIREBON-Kabupaten Cirebon meluncurkan salah satu program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni program BJB Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera). Peluncuran ini menjadikan Kabupaten Cirebon sebagai kota/kabupaten kedua setelah Kabupaten Bogor.

Menurut Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi, program ini merupakan kebijakan pemerintah provinsi yang bekerjasama dengan Bank Jabar Banten (BJB) dalam meluncurkan program pinjaman tanpa bunga, dan tanpa agunan bagi para pelaku UMKM.

“Kredit ini sangat baik, apalagi kita lihat banyak sekali potensi UMKM di Kabupaten Cirebon yang harus dikedepankan,” jelasnya saat menghadiri pelatihan dan realisasi program kemitraan BJB Mesra di Mesjid Maji’ul Barokah Desa Matangaji, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (13/2/2019).

Nantinya, lanjut Dicky, para pelaku UMKM dapat mengakses fasilitas program tersebut melalui DKM masjid di sekitaran tempat tinggalnya masing-masing. Dan juga, ada tiga keuntungan utama dalam program ini. Di antaranya adalah pelaku ekonomi dipermudah dalam mendapatkan fasilitas bank seperti pendanaan, untuk menjalankan usaha.

“Pendanaan ini yang biasa oleh masyarakat ditakuti, karena dinilai merepotkan dan selalu dipersulit dalam pengajuannya,” jelasnya.

Yang kedua, lanjutnya, para pelaku usaha tidak hanya diberikan pendanaan. Tetapi mereka juga akan dilatih dalam mengembangkan usahanya baik sebelum dan sesudah melakukan pengajuan kredit. Sedangkan yang ketiga, Kredit BJB Mesra akan dikelola langsung oleh pengurus DKM masjid. Sehingga selain menjadikan masjid sebagai tempat ibadah, masjid-masjid pun akan termakmurkan dengan adanya aktivitas ekonomi masyarakat.

Menurut Dicky, tidak ada kreteria tertentu untuk pengajuan kredit. Mereka yang memiliki usaha dapat memanfaatkan adanya fasilitas tersebut. Adapun untuk nominal kredit yang disediakan, yakni Rp2 juta untuk sekali pengajuan.

“Untuk mekanismenya seperti apa, akan disesuai nanti dengan skala usaha dan kemampuannya. Jadi tidak memberatkan mereka untuk membayar cicilan,” pungkasnya.(Jfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *