Lapas Majalengka Komitmen Tingkatkan Pelayanan Publik


DEJABAR, MAJALENGKA- Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) menjadi momentum tersendiri bagi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Majalengka, Jawa Barat, dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Untuk itu, lapas yang berada di Kelurahan Majalengka Wetan, Kecamatan/Kabupaten Majalengka itu, akan terus memaksimalkan pelayanan prima.

Kepala Lapas Majalengka, Suparman mengungkapkan, pelayanan yang baik sesuai dengan eksistensi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), yakni terus berupaya mengoptimalkan pelayanan publik.

“Dalam memperingati Hari Dharma Karya Dhika tahun 2021, menjadi semangat bagi kami (Lapas Majalengka) untuk terus memberikan pelayanan prima dan semakin PASTI,” ungkap Suparman.

Dia menjelaskan, Semakin PASTI adalah tema peringatan HDKD tahun ini dengan kepanjangan Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif.

Rangkaian semakin PASTI dimulai sejak 1 Oktober 2021 dengan pelaksanaan Doa Kumham untuk Negeri yang dirangkaikan dengan Pembukaan HDKD.

“Rangkaian kegiatan akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan seperti seminar atau lokakarya, bakti sosial dan pelayanan publik, sport game dan skill challenge, ziarah dan tabur bunga, hingga puncak peringatan HDKD pada 30 Oktober 2021,” ucapnya.

Suparman menambahkan, sesuai dengan instruksi Menkumham Yasonna Laoly, pihak lapas akan terus melakukan pembenahan secara komperhensif dalam menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat.

“Karena untuk pelayanan publik, kita memang diharuskan untuk melayani masyarakat dengan baik dan ramah sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Selain memberikan pelayanan prima, pembenahan lain yang juga dilakukan yakni dalam kebijakan perencanaan, penganggaran, pengorganisasian hingga monitoring dan evaluasi.

Di masa Pandemi Covid-19, jajaran Lapas Majalengka juga berupaya turut aktif dalam menekan angka penularan virus, dan mendukung program vaksinasi dari pemerintah.

Tentunya hal ini berkaitan dengan pelaksanaan protokol kesehatan, dan berkoordinasi dengan jajaran TNI, Polri, Satgas Covid-19, dan pemerintah daerah.

“Semakin PASTI menjadi bentuk pengabdian dan ungkapan syukur, serta menjadi suatu renungan yang dapat menumbuhkan semangat baru dan profesionalisme kami dalam melayani masyarakat,” katanya.

Sementara, pada hari ini, Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Peran Kementerian Hukum dan HAM dalam Mengakselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional.”

Seminar Nasional ini dilaksanakan secara hybrid, luring di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM serta daring melalui zoom dan youtube mengundang seluruh elemen masyarakat termasuk Lapas Majalengka agar dapat berperan aktif ikut serta membangun Indonesia yang lebih baik. (Jfn)