Lestarikan Tradisi dan Budaya, Warga Majalengka Gelar Hajat Bumi


dejabar.id, Majalengka – Warga Blok Pancurendang Tonggoh, Kelurahan Babakan Jawa, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, punya tradisi tahunan.

Mereka larut dalam Hajat Bumi dengan jiarah bersama ke Patilasan Buyut Batu Agung yang berada di sekitar blok tersebut, Senin (19/8/2019).

Kegiatan yang sudah menjadi tradisi masyarakat setempat dengan cara ‘Nyuguh’ atau membawa sesajen tersebut, sebagai wujud doa menolak musibah dan rasa syukur kepada Tuhan YME.

Kegiatan rutin tahunan ini sudah menjadi tradisi dan budaya serta warga pun tampak larut dalam upacara adat yang disebut dalam sedekah bumi.

“Kita di sini melakasnakan hadoroh dan tahlilan atau berdoa yang dipimpin langsung oleh Ustad Susnadi serta Abang Dalang, selaku kuncen makam Batung Agung,” ungkap Lurah Babakan Jawa, Cucu Cartana.

Menurut dia, kegiatan ini sebagai bukti rasa syukur dari atas yang sudah diberikan Tuhan. Kegiatan ini juga sebagai upaya lanjutan demi keberkahan hidup untuk masa depan.

“Kami juga ingin mengajak kepada para generasi muda untuk melestarikan budaya yang suda ada sejak zaman dulu, agar jangan sampai tergerus oleh budaya asing. Bayak nilai-nilai positif yang dapat diambil dari kegiatan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, selain dihadir Lurah Babakan Jawa, juga hadir MUI, KUA Majalengka, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Majalengka serta ratusan masyarakat setempat. (jja)