Luar Biasa! Dengan Keterbatasan Fisik, Dini Juniawati Memiliki Bakat dan Prestasi Seni yang Membanggakan


DEJABAR.ID, SUBANG – Keterbatasan fisik dan mental seseorang acap kali membuatnya dipandang sebelah mata. Justru, ada banyak kisah inspiratif yang bisa diambil untuk dijadikan bekal motivasi.
Banyak contoh kaum difabel yang berhasil mengaburkan status difabel mereka dan menyandangkan profesi musisi sebagai label diri.
Seperti halnya Dini Juniawati (13) Siswi SLBN Subang, kendatipun lahir sebagai penyandang disabilitas tidak menyurutkan dirinya untul berkarya di bidang musik.
Dini Juniawati (13) siswi kelas VIII Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Subang siswa berkebutuhan khusus ini memiliki keahlian yang luar biasa dalam bidang seni musik baik menyanyi maupun mainkan alat musik seperti keyboard, kecapi, saron, Bonang, gitar senar 4.
Menurut pengakuannya Dini Juniawati mulai menggeluti bidang seni musik sejak masuk SD.
“Sejak SD saya sudah mulai menggeluti bidang seni dengan belajar olah vokal dan alat musik modern maupun tradisional dan Alhamdulillah saat ini selain menyanyi, saya bisa main keyboard, kecapi, Gambang, kendang dan beberapa alat musik lainnya”ujar Dini
Menurut Dini, bakatnya yang luar biasa buah dari belajar yang ulet kendatipun memiliki keterbatasan fisik
“Saya tak bisa melihat sejak lahir, dengan keterbatasan fisik ini, saya hanya mampu mengandalkan daya raba, daya dengar daya hafal dan daya suara untuk bisa bernyanyi dan memainkan alat musik,” katanya.
Dari bakatnya yang luar biasa, Dini Juniawati juga mengaku pernah mengikuti beberapa kegiatan seni musik baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.
“Juara 3 Nyanyi Solo 2015 dan juara 1 tahun 2016 Tingkat Jawa Barat sementara itu ditingkat Nasional mampu meraih beberapa juara harapan,” ucapnya.
Selain mampu memainkan beberapa alat musik modern maupun tradisional, Dini juga bercita cita ini bisa main drum dan menjadi drummer.
“Saya ingin sekali main drum, namun disekolah belum memilikinya dan berharap ada yang mau membantu membelikan drum baik untuk saya sendiri maupun sekolah,” ungkapnya
Kepala SLBN Subang Yadi Haryadi, Mengaku banyak siswa siswi SLBN Subang yang memiliki kemampuan luar biasa di bidang seni musik maupun tari salah satunya Dini Juniawati
“Dini Juniawati, siswa SLBN yang berkebutuhan khusus ini mampu menunjukan menunjuk kepada orang normal, anak-anak dengan kebutuhan khusus jangan dilihat dari kecacatannya tetapi lihatlah dari potensi mereka,” ujarnya.
Yadi berharap, pemerintah bisa memberikan perhatian lebih kepada para penyandang disabilitas termasuk para siswa SLB untuk bisa berkarya dan menjadi inspirasi untuk semua orang
“Dengan bimbingan dan fasilitas lengkap disekolah, anak-anak berkebutuhan khusus ini ternyata memiliki bakat dan potensi yang terpendam yang bisa terus digali dan dikembangkan dan mereka juga mampu bersaing dengan orang normal bahkan kemampuannya khususnya di bidang musik sangat luar biasa,” pungkasnya.(Ahy)