Press ESC to close

Pemkab Pangandaran Musnahkan 50.600 Keping E-KTP Invalid

  • December 19, 2018

DEJABAR.ID, PANGANDARAN-Sebanyak 50.600 keping e-KTP yang kondisinya Invalid atau Rusak dimusnahkan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Sekretaris Daerah Mahmud. Pemusnahan ribuan keping e-KTP berlangsung di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran, Rabu (19/12/2018).

Sebelum dimusbahkan, Ribuan e-KTP invalid terlebih dahulu dikumpulkan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangandaran yang terkumpul dari 10 kecamatan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Pangandaran, Tantan Roesnandar menyebutkan bahwa pemusnahan e-KTP invalid itu berdasarkan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Pemusnahan kartu tanda penduduk elektronik tersebut  menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP Elektronik rusak atau invalid, karena dikhawatirkan tercecer dimana saja jadi harus dibakar,” ujarnya kepada wartawan usai pemusnahan e-KTP di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran, Rabu (19/12/2018).

Tantan mengatakan, ribuan keping e-KTP yang dibakar di halaman Setda itu hanya simbolis saja. Selanjutnya, pembakaran akan dilanjutkan sampai habis di Kantor Disdukcapil.

“Pemusnahan tadi dihadiri dari berbagai unsur, Satpol PP, kepolisian dan seluruh SKPD,” paparnya.

“Kedepannya bila ada e-KTP yang invalid dan rusak, satu minggu sekali kami Disdukcapil Pangandaran akan langsung memusnahkannya,”tambah Tantan.

Tantan menghimbau kepada warga yang memiliki e-KTP rusak agar segera langsung menyerahkannya ke kantor kecamatan di wilayah masing-masing.

“Setelah itu, nanti ada pengambilan oleh petugas dari Disdukcapil Kabupaten Pangandaran,” tukasnya.(dry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *