Pemkot Cirebon Targetkan 2 Juta Wisatawan Pertahun Lewat Runtastic 5K


DEJABAR.ID, CIREBON-Pemerintah Kota Cirebon menargetkan kunjungan wisata sebanyak 2 juta wisatawan per tahun. Karena itu, demi memenuhi upaya tersebut, dilakukanlah beberapa hal, salah satunya adalah dengan wisata olahraga melalui Runtastic 5K.

Uniknya, tidak seperti event olahraga lainnya yang biasa diselenggarakan di pagi hari. Dalam Runtastic 5K ini, olahraga dilakukan pada malam hari, dan diikuti oleh ribuan peserta, yakni sebanyak 3000 lebih orang. Mereka berlari sambil menyusuri tempat-tempat strategis di Kota Cirebon pada malam hari, dengan jarak tempuh sejauh 5 km. Adapun rutenya adalah Jalan Siliwangi, Krucuk, Dr. Wahidin Sudirohusodo, Tentara Pelajar, dan kembali ke Siliwangi.

Event ini dibuka langsung oleh Walikota Cirebon Nasrudin Azis dan Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati dengan start dan finish di depan Balai Kota Cirebon, Sabtu (19/1/2019) malam. Jalanan depan balaikota pun penuh sesak oleh para peserta. Lampu-lampu penuh warna menghiasi bangunan Balai Kota Cirebon yang heritage.

Menurut Azis, Runtastic 5K ini adalah salah satu potensi pengembangan, yakni wisata olahraga yang akan menarik wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri untuk mendukung budaya dan sejarah. Sehingga, wisatawan akan tertarik untuk datang ke Kota Cirebon dan melihat semua potensi yang ada.

Dengan membludaknya peserta hingga mencapai 3000 peserta, dari yang ditargetkan 1500 peserta, hal ini menunjukan antusias warga dalam mengembangkan olahraga termasuk lari. Ini akan menjadi potensi yang akan dikembangkan Pemerintah Kota Cirebon, setidaknya akan dilaksanakan setiap tahun.

“Wong Cirebon kudu kreatif dan inovatif untuk mengembangkan potensi di Kota Cirebon. Dan Alhamdulillah kegiatan berjalan sukses dengan peserta sebagian besar kaum milenial,” jelas Azis.

Menurut Ketua Pelaksana, Emirzal Hamdani, pihaknya bersyukur kegiatan berjalan sukses. Event ini terinspirasi dengan kegiatan Bali Ten K yang cukup mendongkrak pariwisata di Pulau Dewata tersebut.

“Sebagai warga tentu kami juga berkepentingan membantu Pemerintah Kota Cirebon di bawah kepemimpinan Wali Kota dan Wakil wali kota baru untuk memperkenalkan budaya serta pariwisata,” kata Emrizal.

Emrizal berharap, kegiatan ini akan menjadikan Kota Cirebon menjadi tujuan wisata. Pengembangan dilakukan untuk mengembangkan wisata budaya, belanja, dan religi. Kegiatan ini juga bentuk kreativitas warga untuk mendukung pengembangan pariwisata tersebut.(Jfr)