Press ESC to close

Pertama Dalam Sejarah, Kejagung Capai Kepercayaan Tertinggi

  • July 3, 2023

JAKARTA, Dejabar.id – Kejaksaan Agung (Kejagung) berhasil mencapai puncak tertinggi tingkat kepercayaan publik sepanjang sejarah dalam hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Indikator Politik, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei yang berlangsung pada periode 20-24 Juni 2023 ini melibatkan 1.220 responden, dan hasilnya menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap Kejagung di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin mencapai 81,2 persen.

Direktur Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi secara virtual memaparkan hasil survei bertajuk ‘Evaluasi Publik Atas Kinerja Lembaga Penegak Hukum dan Perpajakan’, Minggu (2/7). Muhtadi menyambut positif hasil survei tersebut, ia menyebutkan hasil survei tersebut merupakan angka kepercayaan tertinggi yang pernah diperoleh oleh Kejaksaan Agung.

Ia juga mengapresiasi konsistensi dan peningkatan yang signifikan dalam tingkat kepercayaan publik terhadap Kejagung selama setahun terakhir.

Burhanuddin menjelaskan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung telah mengalami peningkatan yang mencolok. Dalam survei sebelumnya pada bulan Februari, tingkat kepercayaan mencapai 77,8 persen, namun naik menjadi 81,2 persen pada Juni.

“Ini (kepercayaan publik mencapai 81,2 persen) angka tertinggi yang pernah diperoleh Kejaksaan. Ini layak diapresiasi,” kata Direktur Indokator Politik, Burhanuddin Muhtadi, saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Evaluasi Publik Atas Kinerja Lembaga Penegak Hukum dan Perpajakan’ secara virtual, Ahad (2/7).

Hal ini menandakan bahwa kinerja Kejagung di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin mendapatkan pengakuan dan kepercayaan yang tinggi dari publik.

Lanjutnya, tingkat kepercayaan terhadap Kejagung sangat konsisten dan terus meningkat. Tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan berkutat di angka 70 persen. Pada November tahun lalu, misalnya angkanya mencapai 77,4 persen.

Keberhasilan itu, tidak terlepas dari upaya Korps Adhyaksa dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi. Dalam hal tingkat kepercayaan publik, Kejagung berhasil mencatatkan prestasi tertinggi dibandingkan dengan lembaga penegak hukum lainnya.

Burhanuddin juga mengungkapkan bahwa Kejaksaan Agung menjadi lembaga yang dipercaya oleh publik dalam menjalankan tugasnya dalam penegakan hukum dan memberantas korupsi.

“Dibandingkan dengan lembaga penegak hukum lainnya, Kejaksaan Agung memiliki tingkat kepercayaan publik tertinggi dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi,” kata Burhanuddin.

Tingginya tingkat kepercayaan itu, memberikan pengakuan yang signifikan terhadap kinerja Kejaksaan Agung di bawah kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *