Pesan Danyonif R 321/GT di HUT RI ke-75: Semangat Membangun Kesatuan dan Persatuan Bangsa


DEJABAR, MAJALENGKA – Danyonif R 321/GT, Mayor Inf Octavian Englana P menyatakan, peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, merupakan refleksi untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan.

Momen ini, kata dia, hendaknya dijadikan pemecut semangat membangun kesatuan dan persatuan bangsa serta meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

“Tumbuhkan rasa cinta tanah air dengan segala keragamannya. Waspada terhadap segala perilaku yang dapat memecah belah bangsa seperti hoax, intoleransi dan SARA”, ujar Danyonif R 321/GT, Mayor Inf Octavian Englana P, seusai menghadiri upacara detik – detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 di Pendopo Bupati Majalengka, Senin (17/8/2020).

Sementara itu, upacara peringatan HUT Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dipimpin langsung oleh Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi itu, kali ini terlihat berbeda dari biasanya. Selain tidak melibatkan banyak peserta, upacara tersebut digelar secara sederhana.

Bukan hanya itu, pada upacara kali ini juga tidak ada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) seperti tahun sebelumnya, hanya tiga orang petugas yang mengibarkan bendera Merah Putih. Hal ini bukan tanpa sebab, namun karena dihadapkan dengan situasi Covid-19.

seusainya upacara peringatan HUT Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan di halaman Pendopo Kabupaten Majalengka tersebut, dilanjut mengikuti upacara detik-detik Proklamasi secara virtual yang ditayangkan oleh Stasiun TV Nasional dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Jfn)