Polres Majalengka Sediakan Layanan SIM Ramah Difabel


DEJABAR, MAJALENGKA – Bagi penyandang difabel yang ingin berkendara kini tidak perlu khawatir. Sebab, Satlantas Polres Majalengka, Polda Jawa Barat, kini sudah menyediakan layanan pembuatan SIM bagi penyandang difabel.

Bahkan, ada ruangan khusus yang disiapkan di Polres Majalengka, untuk penyandang disabilitas yang akan mengajukan permohonan pembuatan SIM.

Ruangan khusus ini dipersiapkan untuk kaum difabel, sehingga tidak harus antre dengan pemohon yang normal. Pada ruangan ini juga dipersiapkan kursi roda serta ada jalan khusus yang dipersiapkan agar kaum difabel bisa mudah dan nyaman saat proses permohonan SIM.

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, didampingi Kasat Lantas, AKP Luky Martono mengatakan, untuk penyandang disabilitas, ada ruangan khusus yang telah disiapkan.

“Jadi, mereka tidak ikut antre bersama dengan yang normal. Kita akan prioritaskan mereka saat proses pembuatan SIM D,” Ungkap AKBP Bismo Teguh Prakoso, Sabtu (27/11/2020).

Kapolres menghimbau kepada penyandang disabilitas yang memang bisa mengoperasikan kendaraan bermotor agar membuat SIM sesuai dengan kemampuannya.

“Hari ini penyandang difabel ada yang telah mendapatkan SIM D. Harapan kita masyarakat berkebutuhan khusus atau difabel bisa nyaman dan tanpa tekanan serta tidak takut lagi akan diskriminasi atau perbedaan perlakuan saat mengikuti tes atau ujian SIM,” Harapnya.

Sementara itu, salah seorang difabel pemohon SIM D, Nandang Priatna mengucapkan terimakasih atas pelayanan di Satpas SIM Satlantas Polres Majalengka dengan baik dengan memprioritasan para difabel dalam pemohon SIM.

“Sejak saya datang hingga mendapatkan SIM, pelayanan disini sangat baik dan ramah untuk difabel,” Jelasnya. (Jfn)