POP Kota Cirebon 2019, Menjadi Ajang Pencarian Bibit Berprestasi di Bidang Olahraga

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dejabar.id, Cirebon – Gelaran Pekan Olahraga Pelajar (POP) Kota Cirebon tahun 2019 secara resmi ditutup di GOR Bima Kota Cirebon, Kamis (14/11/2019). Dari ajang tersebut, telah melahirkan bibit-bibit atlet baru dari Kota Cirebon, yang bisa diikutsertakan untuk ajang yang lebih tinggi lagi.

POP Kota Cirebon tahun 2019 ini dimulai sejak tanggal 8 November 2019 hingga 14 November 2019. Terdapat 18 cabang olahraga yang dikompetisikan, dengan jumlah peserta sekitar 9000an atlet, yang terdiri dari jenjang SD, SMP, maupun SMA se-Kota Cirebon. Meskipun begitu, ada beberapa cabang olahraga yang sudah terlebih dahulu dimulai sebelum pembukaan pada tanggal 8 November 2019 lalu.

Menurut Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Agus Suherman, pihaknya selaku penyelenggara menyediakan medali emas, perak, dan perunggu, dengan total 2400an medali. Medali-medali tersebut diperuntukkan bagi para juara 1, 2, dan 3.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, lanjutnya, yang hanya disediakan piagam saja. Untuk tahun ini, selain piagam yang bisa digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, juga disediakan medali yang bisa dijadikan sebagai bentuk kebanggaan bagi para atlet. 

“Tahun ini kita menyiapkan medali-medali untuk para juara. Dan tahun ini, juara umum diraih oleh SMA Negeri 1 Kota Cirebon,” jelasnya, Kamis (14/11/2019).

Sementara menurut Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cirebon, Wati Musilawati, dirinya sangat mengapresiasikan gelaran POP Kota Cirebon yang sukses. Dengan adanya ajang seperti ini, maka bisa digunakan untuk pencarian bibit-bibit atlet sejak dini. Nantinya, mereka akan dipersiapkan untuk ajang yang lebih tinggi lagi, yakni di tingkat provinsi dan nasional.

“KONI siap bersinergi untuk membina para atlet pelajar tersebut untuk berprestasi di tingkat Porda maupun PON,” tuturnya.

Sedangkan menurut Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati, yang turut menutup secara resmi gelaran POP Kota Cirebon tahun 2019, dirinya berharap ajang seperti ini bisa mendapatkan bibit-bibit atlet yang berprestasi, yang bisa dipersiapkan untuk mengikuti ajang yang lebih bergengsi lagi, dengan membawa nama Kota Cirebon.

“Ke depannya, ini akan rutin dilakukan tiap tahunnya sebagai ajang pencarian bibit berprestasi di bidang olahraga,” pungkasnya.(Jfr)

Related posts

Leave a Comment