Ratusan Orang Peringati Pra Proklamasi Kemerdekaan di Tugu Proklamasi Cirebon

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

dejabar.id, Cirebon – Ratusan orang dari berbagai ormas dan komunitas berkumpul di Tugu Kejaksan atau Tugu Proklamasi Kota Cirebon pada Kamis (15/8/2019) malam. Hal tersebut dilakukan untuk memperingati Pra Proklamasi yang terjadi di Cirebon, 74 tahun yang lalu.

Di situ diceritakan kembali detik-detik proklamasi yang dilakukan di Cirebon, tepatnya dua hari sebelum adanya pembacaan Proklamasi oleh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta di Jakarta. Kemudian, dilakukan tawasul sebagai mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Menurut Ketua Laskar Macan Ali Kesultanan Cirebon, Prabu Diaz selaku penginisiasi, kegiatan ini sebagai bentuk mengenang kembali peristiwa bersejarah yang terjadi di Cirebon, yakni pembacaan teks proklamasi sebelum di Jakarta.

“Kita mengenang kembali perjuangan para pahlawan kita dalam upaya memerdekakan Nusantara menjadi Republik Indonesia,” jelasnya, Kamis (15/8/2019) malam.

Saat itu pada tanggal 15 Agustus 1945, lanjutnya, Dr. Soedarsono mendapatkan perintah dari Sutan Sjahrir untuk segera memproklamasikan kemerdekaan, setelah adanya kabar menyerahnya Jepang kepada Sekutu.

“Akhirnya, di sinilah tepat diadakannya proklamasi yang dibacakan oleh Soedarsono, dengan disaksikan oleh sekitar 150an orang yang berkumpul,” tuturnya.

Peristiwa bersejarah tersebut, lanjut Prabu Diaz, ditandai dengan adanya Tugu Proklamasi di persimpangan Jalan Siliwangi dan Jalan Kartini, yang dibangun pada tanggal 17 Agustus 1946, setahun setelah Indonesia merdeka.

Dengan adanya kegiatan ini, lanjutnya, merupakan upaya agar masyarakat Cirebon dan sekitarnya tidak melupakan sejarah. Karena, di Cirebon sendiri terdapat peristiea penting tentang proklamasi dalam merebut kemerdekaan.

“Jangan lupakan sejarah. Mari kita mengenang kembali peristiwa itu dengan memperingatinya,” pungkasnya.(Jfr)

Related posts

Leave a Comment