Resmi Dilantik, Arif Rohidin Jabat Ketua SMSI Cirebon Periode 2019-2024


DEJABAR.ID, CIREBON-Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Cirebon secara resmi dilantik oleh para pengurus Jawa Barat di Ruang Adipura Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Senin (4/3/2019). Arif Rohidin dari media online Cirebon Bagus secara resmi ditunjuk menjadi ketua SMSI Cirebon masa bakti 2019-2024.

Menurut Arif, era globalisasi semakin berkembang. Media online sudah banyak bermunculan di Indonesia, termasuk di Cirebon. Untuk di wilayah Cirebon sendiri, sudah tercatat ada 15 perusahaan media yang terdaftar di SMSI Cirebon.

Media-media online ini, lanjutnya, berdiri untuk mewadahi insan pers agar bisa bertindak profesionalisme, sesuai dengan arahan dan peraturan dari Dewan Pers. Sehingga, media online memiliki peran penting di samping media konvensional.

“Kita berharap anggaran media bisa ditambah, karena media juga semakin bertambah,” jelasnya.

Sedangkan menurut Ketua SMSI Jawa Barat, Hardiansyah, SMSI tidak bisa dipisahkan dengan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia). Karena, SMSI lahir dibawahi oleh insan PWI. Apalagi, salah satu pendirinya adalah ketua umum PWI Pusat.

“Jika PWI adalah wartawannya, maka SMSI adalah perusahaan medianya,” tuturnya.

Dalam catatan Dewan Pers, lanjutnya, sekarang terdapat 47.000 media online di Indonesia. Media-media tersebut tidak dikelola secara profesional dan bertentangan dengan aturan Dewan Pers. Sehingga, SMSI lahir untuk menjawab tantangan tersebut.

Dia melanjutkan, di Jawa Barat sendiri ada 67 perusahaan media online yang memiliki legalitas dan terverifikasi Dewan Pers, sisanya masih dalam proses. Pelantikan di Cirebon ini merupakan perwakilan kedua yang dilantik setelah Bogor. Sebelumnya Cirebon masih berupa korwil, sekarang sudah perwakilan. Hal terbsut karena luasnya wilayah yang dicakup oleh masing-masing korwil.

“Semoga pengurus yang baru ini bisa bekerja secara maksimal, serta bisa memberikan informasi yang bermanfaat,” pungkasnya.(Jfr)