Press ESC to close

Waspadalah! Jentik Nyamuk DBD dalam Air Bersih

  • January 24, 2019

DEJABAR.ID, CIREBON – Penyebaran jentik-jentik nyamuk demam berdarah atau yang biasa disebut DBD, bukanlah difokuskan di luar rumah saja. Masyarakat juga harus fokus terhadap tempat-tempat yang bisa dijadikan perkembangbiakan jentik nyamuk DBD di dalam rumah, terutama air bersih. Karena, jentik nyamuk justru berkembang biak di air yang bersih.

Adapaun tempat penampungan air bersih yang bisa dijadikan tempat perkembangbiakan jentik-jentik nyamuk ini berada pada bak penampungan air, tempat minum burung, pecahan piring yang menjadi penampung air hujan, air di ban bekas, dan lain-lain.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Sartono, saat melakukan foging di Kelurahan Perbutulan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Kamis (24/1/2019).

“Jentik-jentik nyamuk ini justru berkembang biak di air bersih. Jika dia air kotor tidak berkembang,” jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar bisa melakukan 3M, yakni menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas, dan menguras tempat air. Selain itu, juga dilakukan usaha foging.

Meskipun begitu, tambahnya, fogging ini hanyalah efektif untuk menenangkan masyarakat saja. Karena, foging hanya menyerang nyamuk-nyamuk dewasa yang sedang terbang. Asap foging bisa saja tidak bisa menjangkau nyamuk-nyamuk yang sedang bersembunyi, serta jentik-jentik nyamuk dan telurnya.

“Jadi antisipasinya bukan melalui foging, melainkan pemberdayaan masyarakat agar bisa hidup bersih dan menerapkan 3M tersebut,” jelasnya.(Jfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *