Edi Sukmoro: Sampai Hari Ini Penumpang Arus Mudik dan Balik Masih Tinggi


DEJABAR.ID, CIREBON – Memasuki H+5 Lebaran 2019 atau hari Senin tanggal 10 Juni 2019, jumlah penumpang yang mudik maupun yang balik menggunakan moda transportasi kereta api, masih tinggi.
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro, memprediksikan puncaknya arus balik Lebaran 2019 adalah hari Minggu (9/6/2019) kemarin, atau H+4 Lebaran. Karena pada hari Seninnya sudah mulai masuk kerja. Namun faktanya, hari Senin sekarang masih cukup tinggi.
“Ternyata sampai hari ini masih terus tinggi di semua Daop,” jelasnya saat kunjungan ke Stasiun Cirebon, Senin (10/6/2019) sore.
Edi mengaku, dirinya kurang mengetahui penyebab kenapa penumpang masih terus tinggi di hari kerja ini. Namun berdasarkan hasil dari kunjungan ke Daop 6 Yogyakarta, anak-anak sekolah masih libur. Sehingga, masih ada yang melakukan mudik setelah hari Lebaran, ada juga yang sudah balik.
Karena itulah, lanjutnya, Posko Lebaran tetap dibuka sampai H+10. Tujuannya adalah memang untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, meskipun hari Lebaran sudah lewat.
Hingga pagi hari tadi, lanjutnya, jumlah penumpang yang terangkut, baik itu arus mudik dan balik, sudah sekitar 4,6 juta penumpang untuk semua Daop. Angka tersebut masih akan terus bertambah hingga akhir dari masa angkutan Lebaran 2019, dengan prediksi mencapai 6,4 juta penumpang.
“Dari kita tetap siaga, terutama untuk perlintasan-perlintasan sebidang,” pungkasnya.(Jfr)