H+5 Lebaran, Lonjakan Penumpang di Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon Masih Tinggi


DEJABAR.ID, CIREBON – Memasuki H+5 Lebaran 2019, atau hari Senin tanggal 10 Juni 2019, PT Kereta Api Indonesia Daop 3 Cirebon mencatat, penumpang yang naik kereta dari wilayah Daop 3 Cirebon mengalami peningkatan di dua hari terakhir.
Menurut Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardojo, di H+4 Lebaran atau hari Minggu kemarin, tercatat ada lonjakan penumpang, yakni sebanyak 12.628 penumpang yang naik dari wilayah Daop 3 Cirebon. Angka tersebut naik sekitar 121% dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama, yakni hanya 10.396 penumpang.
Sedangkan untuk hari ini, lanjutnya, data yang masuk hingga pukul 15.00 WIB, sudah ada sekitar 12.107 penumpang yang naik dari wilayah Daop 3 Cirebon. Angka tersebut naik sekitar 114% dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama, yakni hanya 10.601 penumpang.
“Angka ini masih akan terus naik hingga malam nanti,” jelasnya, Senin (10/6/2019).
Penumpang-penumpang tersebut, lanjutnya, ada yang baru melakukan mudik, ada pula yang balik, dengan tujuan Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.
Sementara itu, menurut Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, masih tingginya penumpang setelah Lebaran ini, dikarenakan anak-anak sekolah masih libur. Sehingga, masih ada yang melakukan mudik setelah hari Lebaran, ada juga yang sudah balik.
“Meskipun sudah masuk hari kerja, tapi anak-anak masih libur. Jadi ada yang melakukan perjalanannya di hari kerja,” pungkasnya.(Jfr)