Kiprah YANU Jakarta Membantu Permasalahan Sosial di Kota Cirebon


Dejabar.id, Cirebon – Selama tahun 2019, Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta membaktikan diri di Cirebon dengan beberapa kegiatan sosial. Dan di tahun 2020 nanti, kegiatan yang sama akan lebih ditingkatkan dengan beberapa program.

Menurut Ketua YANU, Emil Effendy, yayasan yang sudah lebih dari 15 tahun berkecimpung di dunia sosial ini, telah membaktikan diri di beberapa daerah, seperti di Teluk Naga Tangerang, Sembalun Lombok, Sumbawa, Probolinggo, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Cirebon, dan daerah lainnya.

“Hal ini didasari oleh rasa kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami musibah atau keterbelakangan ekonomi,” jelasnya saat konferensi pers di Metland Hotel Cirebon, Rabu (6/11/2019).

Emil melanjutkan, YANU telah membaktikan diri pada masyarakat Cirebon dengan menyalurkan 1000 paket sembako, 1500 paket tas sekolah siswa keterbelakangan ekonomi, berbagi daging hewan qurban 2 ekor sapi dan satu kambing, bedah rumah 12 unit dan 8 rumah pembuatan MCK, membantu operasi dan pengobatan bayi M. Rhamdhan di bawah koordinasi rekan-rekan jurnalis Cirebon.

Kemudian, ikut berpartisispasi pada pembangunan Masjid Az-Zikra Polres Cirebon Kota, dan di penghujung tahun akan dibagikan 1000 paket sembako. Untuk di tahun 2020, juga akan dilakukan hal yang sama, dengan ditambah ada pembagian nasi bungkus dan panti jompo.

Emil mengakui, dirinya melakukan kegiatan sosial ikhlas tanpa ada paksaan ataupun maksud tertentu. Hak tersebut dilakuan karena terdorong adanya rasa kepedulian sosial yang tinggi terhadap masyarakat yang kurang beruntung dan mampu.

“Saya lakukan semuanya tanpa ada paksaan dan maksud tertentu,” jelasnya.

Menurut Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Iing Daiman, dirinya sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan yayasan selama ini. Karena, permasalahan sosial yang ada di Kota Cirebon bisa terbantukan.

“Kehadiran YANU bisa membantu pemerintah Kota Cirebon,” pungkasnya.(Jfr)